Kapolri: Tidak ada gangguan kamtibmas yang signifikan selama kampanye

Evaluasi Polri atas penyelenggaraan kampanye selama enam bulan tidak menemukan gangguan yang signifikan.

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian./AntaraFoto

Polri menyatakan kondisi keamanan saat penyelenggaraan kampanye relatif aman. Beberapa gangguan yang terjadi di sejumlah daerah, saat penyelenggaraan kampanye dinyatakan sebagai suatu yang langsung dapat diatasi.

“Tidak terjadi gangguan kamtibmas yang signifikan selama pelaksanaan kampanye. Ada dinamika seperti di Jawa dan Yogyakarta, serta penindakan teror di Sumatera dan Jabar dapat diatasi dengan baik,” ujar Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian seusai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Senin (15/4).

Itulah sebabnya Kapolri menegaskan, hingga hari pencoblosan situasi dan kondisi dinyatakan aman. Seluruh aktivitas pemerintahan dan penyelenggara pemilu, tetap berjalan secara lancar.

Mobilisasi masyarakat ke luar negeri sampai saat ini terpantau tidak berlebihan. Selain itu, warga negara asing yang masuk ke Indonesia juga masih dalam batasan wajar.

Keamanan dan kelancaran situasi menjelang hari pencoblosan juga dipantau dari segi harga, di mana tiket-tiket yang dijual masih dalam batasan wajar.