Kartu transportasi terintegrasi JakLingko bisa dipakai awal 2022

Aplikasi terintegrasi JakLingko dapat diunduh secara massal tahun depan.

Gubernur DKI Jakarta bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan Integrasi Transportasi Jabodetabek di Stasiun Tebet, Rabu (29/9/2021)/Facebook Anies Baswedan.

PT JakLingko Indonesia menargetkan Kartu Transportasi dan Aplikasi Terintegrasi JakLingko dapat digunakan untuk umum pada awal tahun 2022. Untuk mencapai itu, operator transportasi itu memperluas uji coba integrasi empat moda transportasi umum.

Perluasan uji coba dilakukan secara bertahap sampai akhir tahun 2021. Tujuannya, untuk menguji perencana perjalanan (journey planner) dari empat moda transportasi umum yang berada di Provinsi DKI Jakarta dalam satu tiket perjalanan.

Hal ini mengacu pada ketentuan Bank Indonesia agar implementasi dan penggunaan aplikasi memperoleh masukan-masukan positif dari berbagai unsur masyarakat sebelum dapat diunduh secara massal.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, Muhamad Kamaluddin mengatakan, empat moda transportasi umum di Jakarta itu mencakup MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, dan KAI Commuter.

Semua sudah terhubung dengan sistem integrasi JakLingko Indonesia untuk merencanakan perjalanan dan melakukan pembayaran tiket.