Kasus guru ajak siswi threesome, DPR minta Nadiem Makarim bertindak

Seorang guru perempuan di Bali mengajak siswinya untuk berhubungan badan bertiga (threesome) dengan pacar lelakinya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim diminta mengevaluasi rekrutmen guru lantaran adanya kasus pelecehan seksual oleh guru terhadap murid di Bali. / Antara Foto

Anggota DPR Komisi X Bidang Pendidikan Andreas H Pareira mengecam kasus asusila yang melibatkan seorang guru perempuan bernama Ni Made Sri Novi Darmaningsih (29) di Buleleng, Bali.

Sri Novi diduga mengajak siswinya melakukan threesome atau berhubungan intim bertiga dengan pacarnya, AA Putu Wartayasa (36).

"Peristiwa ini merupakan peristiwa amoral yang tidak biasa. Apalagi ini (dilakukan) oleh seorang guru yang seharusnya mendidik, melindungi muridnya," kata Andreas saat dihubungi Alinea.id di Jakarta, Jumat (8/11).

Menurut Andreas, kejadian ini dan juga seringnya terjadi peristiwa-peristiwa asusila yang dilakukan guru terhadap murid mengindikasikan adanya ketidakberesan dalam rekrutmen tenaga pendidik.

Dia juga mengatakan agar kejadian ini menjadikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bisa melakukan evaluasi. Khususnya, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) untuk memperhatikan dan memperbaiki sistem rekrutmen guru.