Kata Mahfud soal pengamanan di Tembagapura

Aparat keamanan di Tembagapura bertindak sesuai SOP.

Sejumlah warga sipil menaiki bus milik PT Freeport Indonesia saat evakuasi di perkampungan Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (6/3/2020). Foto Antara/Sevianto Pakiding

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan secara prosedural aparat keamanan sudah melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) di Papua.

Hal ini disampaikan setelah situasi di Tembagapura, Papua, memanas lantaran adanya kontak tembak diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Terkini, satu anggota TNI tewas karena terkena serempetan peluru pada bagian pelipis kiri sampai belakang telinga.

"Secara prosedural sudah ada SOP-nya ya. Aparat keamanan sudah bekerja di sana, pemerintah sudah bekerja," kata Mahfud di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (9/3).

Kontak senjata yang terjadi belakangan ini mengakibatkan adanya gelombang evakuasi warga dari empat kampung di distrik Tembagapura menuju Timika, Papua. Dikabarkan sudah lebih dari 1.000 warga telah berada di Timika untuk mengungsi.

Menanggapi peristiwa tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengatakan akan ada penanganan lebih detail yang akan dibahas pada rapat yang rencananya digelar pada, Selasa (10/3).