Kata Pras soal bawa jenazah Saefullah ke Balai Kota

Jajaran PNS Pemprov DKI melakukan upacara penghormatan terakhir kepada Sekda, Saefullah, di Balai Kota, Rabu (16/9).

Sejumlah PNS di lingkup Pemprov DKI Jakarta memberikan penghormatan saat mobil ambulan pembawa jenazah Sekda DKI Jakarta, Saefullah, tiba di Balai Kota, DKI Jakarta, Rabu (16/9/2020). Foto Beritajakarta/Dadang

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, menyatakan, kegiatan penghormatan terakhir untuk Sekretaris Daerah, almarhum Saefullah, di Balai Kota, Rabu (16/9), dilakukan secara spontan.

"Ini spontan dari semua pegawai di pemda (pemerintah daerah) dan inisiatif Kepala Lepegawaian DKI untuk penghormatan terakhir Pak Sekda," katanya di Jakarta, Jumat (18/9). 

Dirinya menerangkan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai penghormatan terhadap jasa-jasa Saefullah selama bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta. Bahkan, menjadi sekda selama enam tahun lebih di bawah empat gubernur dari Joko Widodo (Jokowi) hingga Anies Baswedan.

"Kita kasih penghormatan terakhir adalah apresiasi kita sebagai sahabat dan patner kerja. Beliau, almarhum orang baik," paparnya.

Saefullah meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Angkatan Daerah (RSDPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, karena coronavirus baru (Covid-19). Jenazahnya pun dibawa ke Balai Kota untuk upacara penghormatan sebelum dikebumikan di pemakaman keluarga, Jakarta Utara.