Kebakaran Lapas Tangerang, Yasonna orang paling bertanggung jawab

Komisi III DPR desak Presiden Jokowi evaluasi kerja Menkumham Yasonna.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly. Foto kemenkumham.go.id

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly disebut orang yang paling bertanggung jawab penuh atas kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten pada Rabu (8/9). Sedikitnya 41 narapidana tewas, 73 terluka, dan delapan di antaranya luka berat dalam insiden tersebut.

"Saya kira ini Pak Yasonna yang harus tanggung jawab penuh. Bukan cuma di tingkat Ditjen dan Kalapas. Jangan menyalahkan Kalapas, kan kebijakannya di Menkumham," ujar Anggota Komisi III DPR, Syarifuddin Sudding dalam keterangannya, Kamis (9/9).

Sudding menilai, banyak masalah kompleks terkait kondisi lapas di Indonesia saat ini. Mulai dari isu kelebihan kapasitas, peredaran narkoba hingga tak manusiawinya perlakuan terhadap warga binaan. 

Ia menilai kebakaran itu menjadi salah satu akumulasi persoalan yang kerap menimpa lapas saat ini. Padahal, menurutnya, Komisi III DPR kerap kali menyuarakan desakan kepada Yasonna untuk membenahi persoalan lapas. "Kami minta tak hanya retorika lah, tapi harus ada tindakan riil di lapangan," ujarnya.

Sudding menegaskan, Yasonna seharusnya dapat dievaluasi kerjanya sebagai Menkumham. Pasalnya, sudah banyak persoalan di lapas yang terjadi ketika dia menjabat sampai saat ini.