Kebiasaan Jokowi ganti menteri di hari Rabu kembali terulang

Reshuffle Kabinet Kerja Jilid I dan II, terjadi pada hari Rabu. Kali ini, Jokowi melanjutkan kebiasaan itu saat mengangkat KSAU dan Mensos.

Presiden Jokowi menunjukkan sertifikat tanah warga. (foto: Adang B/Antara)

Setalah sempat kosong sejak Marsekal Hadi Tjahjanto ditunjuk menjadi Panglima TNI, hari ini, Rabu (17/1), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melantik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Adapun nama yang yang dipilih orang nomor satu di Indonesia itu ialah Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna yang kini menjabat sebagai Wakil KSAU.

Sebelumnya, pria kelahiran 10 Juni 1962 itu pernah menjabat sebagai Panglima Komando Pertahanan Udara Nasionnal (Pangkohanudnas) dan juga sempat memimpin Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) 1.

Selain KSAU, Jokowi juga akan melakukan kocok ulang (reshuffle) Kabinet Kerja. Khofifah Indar Parawansa yang memutuskan untuk maju di Pilgub Jawa Timur, akan digantikan oleh mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham.

Selanjutnya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko bakal dilantik sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Kemudian Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar akan dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) menggantikan KH Hasyim Muzadi yang telah wafat.