Kekerasan seksual di sekolah meningkat, 88% pelakunya guru

Terdapat 17 kasus dengan 89 anak yang menjadi korban kekerasan seksual sepanjang 2019.

Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti saat menyampaikan catatan akhir tahun KPAI bidang pendidikan di Jakarta, Senin (9/12).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI menyatakan kekerasan seksual di lingkungan sekolah meningkat selama setahun ini. Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, mayoritas pelakunya adalah guru. 

"Dari pengaduan yang kami terima sebenarnya terjadi penurunan. Namun level kekerasannya justru sangat meningkat. Dan yang agak mengerikan adalah kekerasan seksual karena terjadi peningkatan," kata Retno saat menyampaikan catatan akhir tahun atau Catahu KPAI bidang pendidikan di Jakarta, Senin (9/12).

Dia menjelaskan, kekerasan seksual yang terjadi tidak membedakan jenis kelamin. Anak laki-laki dan perempuan, memiliki tingkat kerentanan yang sama menjadi korban kekerasan seksual.

Dalam catatan KPAI, terdapat 17 kasus kekerasan seksual di lingkungan pendidikan. Dari jumlah tersebut, korbannya mencapai 89 anak yang terdiri atas 55 anak perempuan dan 34 laki-laki.

"88% pelakunya guru, 22% kepala sekolah," kata Retno.