Kemenag ajak jemaah haji proaktif ikuti vaksinasi

Khoirizi berharap, jika coronavirus mereda penyelenggaraan ibadah haji dan umrah akan mudah dilakukan.

Ilustrasi. Pixabay

Kementerian Agama (Kemenag) mengajak jemaah haji proaktif mengikuti vaksinasi Covid-19. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Khoirizi saat melakukan diseminasi terkait pembatalan keberangkatan Jemaah Haji Tahun 1442H/2021M di Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Khoirizi menuturkan, upaya percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) merupakan ikhtiar pemerintah untuk menanggulangi pandemi. Targetnya mampu menekan penyebaran covid-19 di masyarakat, termasuk bagi calon jemaah haji Indonesia. 

"Suatu kewajiban bagi pemerintah untuk melindungi warga negaranya. Salah satunya adalah melindungi jemaah haji dan umrah dari penularan Covid-19," kata Khoirizi dikutip dari laman kemenag.go.id. 

"Semoga haji dan umrah kedepannya bisa diselenggarakan. Pemerintah butuh dukungan rakyat untuk ikhtiar dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jika kita bisa berhasil mengatasinya, insyaallah kita bisa membuka akses bukan hanya izin umrah, tetapi juga penyelenggaraan haji di Arab Saudi bagi jemaah haji dan umrah Indonesia," imbuhnya. 

Seperti diketahui, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660/2021 terkait dengan Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Juni 2021.