Kemenhub operasikan posko angkutan Nataru sampai 3 Januari 2023

Posko ini bertujuan untuk melakukan pemantauan dan pengendalian transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dok: Kemenhub.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar pos koordinasi (Posko) Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Posko ini bertujuan untuk melakukan pemantauan dan pengendalian transportasi, serta meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara para pemangku kepentingan terkait.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, tidak ada pembatasan pergerakan mobilitas massa di periode libur Nataru kali ini. Terlebih, hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub memprediksi sebanyak 44,17 juta orang akan bepergian di masa libur Nataru.

Oleh karenanya, posko ini juga digelar sebagai upaya menjaga kelancaran pergerakan masyarakat di masa libur Nataru. Sejumlah hal yang juga jadi perhatian, yakni periode libur Nataru yang bersamaan dengan waktu libur sekolah dan kasus Covid-19 yang cenderung meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

"Untuk itu saya minta pelaksanaan Nataru ini dapat dikelola dengan baik, agar penyelenggaraanya selain memperhatikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, juga tetap mengedepankan aspek kesehatan," kata Budi dalam keterangan resmi, Senin (19/12).

Posko angkutan Nataru akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023. Operasional posko akan ditutup pada 4 Januari 2023.