Kemenhub-Pemprov DKI upayakan integrasi KA Bandara semakin optimal

Saat ini tengah dikaji terkait akses check in pesawat cukup dilakukan di stasiun KA Bandara.

Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya mengoptimalkan layanan transportasi publik di ibu kota. Salah satu yang jadi perhatian adalah moda transportasi kereta api dari dan menuju bandara (KA Bandara).

Pada Minggu (28/5), Menhub Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Heru Budi meninjau sarana dan prasarana (sarpras) perkeretaapian daerah lingkup Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten. Keduanya naik kereta api dari Stasiun KA Bandara Manggarai menuju Stasiun KA Bandara Soekarno Hatta (Soetta), kemudian berakhir di Stasiun KA Bandara BNI City, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Budi mengatakan, pihaknya tengah berupaya mengoptimalkan layanan KA agar semakin mudah diakses oleh masyarakat. Menurutnya, KA adalah salah satu angkutan massal yang dapat diandalkan publik karena tepat waktu dan praktis.

"Pada kunjungan kali ini kami diskusikan berbagai upaya dalam meningkatkan kapasitas, jangkauan yang lebih luas, dan kemudahan akses mobilitas warga," kata Budi dalam keterangannya.

Budi menyebut, upaya peningkatan kualitas ini juga terkait tarif layanan KA. Ia berharap tarifnya relatif lebih murah atau lebih terjangkau untuk masyarakat.