Kemenkes: 95% calon haji sudah divaksinasi Covid-19

Untuk mendongkrak imunitas jemaah, jelas Kunta, pemerintah juga mengupayakan pemberian vaksiansi booster kepada seluruh calon haji.

ejumlah orang memperhatikan kamera thermal saat seorang pria memasuki gerbang sterilisasi mandiri di Masjidil Haram, sebagai tindakan pencegahan terhadap Covid-19, pada bulan suci Ramadan, di kota suci Makkah, Arab Saudi, Kamis (7/5). Foto Antara/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS/nz/djo

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan pada musim ibadah haji tahun ini ada dua syarat yang harus dipenuhi oleh calon jemaah. Selain berusia di bawah 65 tahun, calon haji juga telah mendapatkan vaksinasi primer Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Kementerian Kesehatan RI memastikan 95% calon haji dari Indonesia telah divaksinasi dosis lengkap Covid-19. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugara menegaskan itu saat melepas Petugas Pelaksana Ibadah Haji Bidang Kesehatan Arab Saudi 2022, Selasa (31/5).

"Di Arab Saudi yang menjadi syarat itu dua dosis. Sekarang sudah hampir 95% jemaah yang sudah divaksinasi dosis satu dan dua," kata Kunta.

Untuk mendongkrak imunitas jemaah, jelas Kunta, pemerintah juga mengupayakan pemberian vaksiansi booster kepada seluruh calon haji. "Booster sekarang sudah mencapai 74%. Harapannya nanti bisa 90-an persen," kata Kunta.

Menjelang pemberangkatan para calon haji, Kementerian Kesehatan bersama pihak terkait terus menggenjot vaksinasi booster. Ini dilakukan di 13 embarkasi di seluruh Indonesia, yakni embarkasi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, dan Lombok.