Kemenparekraf targetkan 300 juta pergerakan winus di momen Lebaran

Sandi mengimbau agar dinas pariwisata pada momen Lebaran memantau ke lapangan langsung, bukan hanya bertugas di kantor.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam weekly brief Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (10/4/2023). YouTube Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, momen Lebaran memberikan optimisme tinggi karena adanya pergerakan ekonomi dan potensi pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Pada Lebaran 2023 ini, Sandi menjelaskan bahwa persiapan pariwisata terus difinalisasi guna mengakomodasi 123,8 juta pergerakan masyarakat. Bahkan menurutnya, 2,5% dari total target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di 2023 akan tercapai pada momen Lebaran, yaitu diperkirakan hingga 300 juta pergerakan wisnus lebih.

"Target perputaran ekonomi saat Lebaran ini kira-kira akan mencapai Rp100 hingga Rp150 triliun," ujar Sandi dalam weekly brief Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (10/4).

Melihat peluang tersebut, Sandi mengajak masyarakat dan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk memanfaatkannya. Namun ia juga mengingatkan agar tidak ada penambahan tarif wisata yang terlalu signifikan.

"Kenaikan tarif masuk di tempat wisata harus dirembug dengan pemerintah daerah dan asosiasi wisata setempat, kemudian harus disosialisasikan seluas-luasnya," kata Sandi.