Kemenperin percepat vaksinasi booster untuk pelaku IKM

Vaksinasi dosis ketiga disebut sebagai salah satu langkah pemerintah dalam upaya penguatan pemulihan ekonomi.

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto Pixabay.

Kementerian Perindustrian mendorong program percepatan vaksinasi booster di sektor industri, termasuk bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan upaya itu dilakukan agar industri di tanah air semakin produktif dan berdaya saing sehingga akan berdampak pada pemulihan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat.

“Vaksinasi dosis ketiga ini menjadi salah satu langkah pemerintah dalam upaya penguatan pemulihan ekonomi yang dilakukan sejak tahun 2021,” kata Agus lewat keterangannya, Sabtu (26/2).

Menurutnya, semakin banyak pelaku industri, khususnya IKM, yang mendapatkan vaksin penguat, maka aktivitas akan menjadi lebih fleksibel, industri terus bergerak, dan ekonomi tak hanya pulih, tetapi tumbuh lebih tinggi.

“Pemberian vaksin dosis ketiga ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 2 Tahun 2022 tentang Vaksinasi Dosis Ketiga/Vaccine Booster bagi Pekerja Industri dan Kawasan Industri," kata Agus.

Pemberian vaksinasi dosis ketiga juga disebut sebagai salah satu upaya pengembalian imunitas masyarakat, di tengah adaptasi kebiasaan baru semasa pandemi.