Kenali sifat Covid-19 di tubuh jenazah

Jenazah pasien Covid-19 meninggal segera dimakamkan dalam 4 jam.

Kesibukan petugas medis RSPI Sulianti Saroso dalam menangani pasien Covid-19 di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3)/Foto Antara/Sigid Kurniawan.

Masyarakat perlu memahami sifat Coronavirus (Covid-19) ketika berada di tubuh pasien yang terkonfirmasi positif meninggal dunia. Dengan begitu tidak perlu khawatir tertular virus berbahaya tersebut.

Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan covid-19 Rumpun Kuratif di Jatim, dr Joni Wahyuhadi menjelaskan, coronavirus ini sebenarnya bukanlah mahkluk hidup, melainkan benda mati. 

Virus ini hanya rangkaian protein yang dilapisi oleh lemak. Ketika menempel di benda hidup (manusia), virus akan bertahan lama. Apalagi sudah masuk ke darah, sehingga akan bercampur menjadi darah manusia.

"Dia nempel di benda itu (manusia), maka dia masuk ke dalam selnya itu," kata dr Joni, saat jumpa pers di Grahadi, Surabaya, Jumat (8/4/2020).

Dirut RSU Dr Soetomo Surabaya itu menjelaskan, jika pasien positif sudah meninggal dunia, maka tidak semuanya sel di tubuh manusia langsung berhenti semua.