sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bupati Gowa instruksikan 40% APBD untuk belanja produk dalam negeri

Pemkab Gowa berkomitmen merealisasikan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait belanja produk dalam negeri.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Rabu, 15 Jun 2022 11:10 WIB
Bupati Gowa instruksikan 40% APBD untuk belanja produk dalam negeri

Bapati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menginstruksikan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) menggunakan 40% Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk belanja produk dalam negeri. Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berkomitmen merealisasikan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait belanja produk dalam negeri.

“Tadi Pak Presiden menegaskan kalau bisa para kepala BPKP dan seluruh jajaran yang ada dan kepala perwakilan melakukan pengawalan agar realisasi itu sesuai dengan komitmen yang telah disepakati bersama, sehingga 40 persen dari APBN dan APBD itu bisa terealisasi," kata Adnan usai menghadiri Pembukaan Rakornas Wasin Tahun 2022 BPKP RI Secara Virtual, Selasa (14/6).

Adnan menjelaskan, kebijakan belanja produk dalam negeri bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun di Kabupaten Gowa. Kebijakan ini juga dinilai mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Kalau kita hitung 40 persen dari Rp1.500 triliun itu sama dengan Rp.600 triliun, dan ini sama dengan menaikkan pertumbuhan ekonomi 1 persen dan membuka satu juta lebih lapangan pekerejaan bagi masyarakat indonesia," jelasnya.

Sponsored

Lebih lanjut, Adnan berharap target ini bisa dicapai dan setiap tahunnya semakin meningkat, sehingga pembelanjaan produk dalam negeri mampu mendominasi.

"Pekerjaan rumah yang harus kita persiapkan mulai deri Kementerian dan Pemerintah Daerah bagaimana melakukan pembinaan kepada UMKM dan produk dalam negeri, supaya produknya bisa lebih berkualitas, sehingga tidak kalah dengan produk-produk impor yang selama ini menjadi konsumsi masyarakat," pungkasnya.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid