Ketua DPR minta otoritas berwenang cari penyebab tenggelamnya KMP Yunicee

Puan meminta evaluasi juga harus dilakukan untuk memperbaiki tata kelola angkutan kapal yang menjadi sarana transportasi masyarakat.

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. Foto: dpr.go.id/Eno/Ma

Ketua DPR Puan Maharani meminta otoritas terkait untuk tetap mencari penumpang korban tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee. Kapal tersebut dilaporkan tenggelam di perairan kawasan pelabuhan Gilimanuk, Bali, pada Selasa (29/6/2021) malam. Puan meminta otoritas berwenang harus mencari tahu penyebab tenggelamnya KMP Yunicee tersebut.

“Kami berduka cita sedalam-dalamnya untuk para korban dan keluarga. Semoga para korban dan keluarganya diberi kekuatan untuk segera pulih dari luka dan duka. Saya meminta agar pencarian korban terus dilakukan,” terang Puan melalui keterangan tertulis, Rabu (30/6).

Selain itu, Puan meminta evaluasi juga harus dilakukan untuk memperbaiki tata kelola angkutan kapal yang menjadi sarana transportasi masyarakat. Ia pun menegaskan peraturan kelayakan kapal dan keselamatan kapal harus ditaati sepenuhnya sekaligus memastikan Anak Buah Kapal (ABK) harus terlatih dengan baik saat menghadapi situasi darurat.

“Ke depannya transportasi di laut harus lebih aman dan nyaman, harus lebih siap pada antisipasi dan proses evakuasi penumpang jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Teknologi bawah air multibeam echosounder KRI Rigel-933 mendeteksi KMP Yunicee