Ketua KNPB ditangkap saat menunggang motor curian

Ketua KNPB tak melakukan perlawanan saat diamankan polisi di Jayapura.

Ilustrasi penangkapan seorang tersangka yang menjadi buron. /Antara Foto

Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Agus Kosay, ditangkap aparat kepolisian ketika tengah mengendarai sepeda motor di kawasan Jalan Hawai Sentani, Jayapura, Papua pada Selasa (17/9) malam. Demikian diungkapkan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Rodja.

“Agus Kosay ditangkap tak sendiri. Ketika operasi penangkapan, turut diamankan anggota KNPB bernama Doni Itlay,” kata Rudolf di Jayapura, Papua pada Rabu (18/9).

Menurut Rudolf, motor yang ditumpangi oleh Agus Kosay dan Dony Itlay merupakan motor hasil curian. Saat ditangkap, keduanya tidak melakukan perlawanan. Agus Kosay, kata Rodja, memang telah ditetapkan pihak kepolisian sebagai buronan. Namanya sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Ketika ditanya mengenai jumlah anggota KNPB yang masuk DPO, Rudolf enggan mengungkapkannya. Ia hanya mengatakan pihak kepolisian akan menangkap mereka yang diduga terlibat dalam sejumlah aksi makar. “Polisi akan menangkap mereka yang sudah masuk dalam DPO,” ucap Rudolf.

Rudolf mengatakan, organisasi yang digawangi oleh kedua pelaku, yakni KNPB merupakan organisasi yang mendukung lepasnya Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).