KH Tolchah Hasan, Menag di era Gus Dur meninggal

Tolchah Hasan akan dimakamkan di Kompleks Pesantren Bungkuk Singosari.

Mantan Menteri Agama di Kabinet Persatuan Nasional era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Tolchah Hasan. /Foto: NU

Berita duka cita datang dari Jawa Timur. Mantan Menteri Agama di Kabinet Persatuan Nasional era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Tolchah Hasan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (29/5) sekitar pukul 14.35 WIB. 

“Wafat tadi jam 14.10 WIB di Paviliun VIP A Wijaya Kusuma RS Saiful Anwar, Kota Malang,” kata menantu almarhum bernama Hardadi Airlangga seperti dikutip nu.or.id pada Rabu, (29/5).

Menurut Hardadi, almarhum yang merupakan Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pesantren Bungkuk Singosari setelah salat tarawih malam ini. Makam Tolchah Hasan akan berdampingan dengan makam Kiai Masykur dan juga ibunya. 

Lahir pada 10 Oktober 1983 di Tuban, Jawa Timur, Tolchah Hasan pernah menjabat sebagai Menteri Agama (Menag) pada 1999 sampai 2001. Sebelum ditunjuk sebagai menteri, Tolchah Hasan sejak muda aktif dalam organisasi NU. 

Pada Muktamar NU ke-33 tahun 2015, Kiai Tolchah juga salah satu kiai yang masuk dalam Ahlul Hali wal Aqdi. Ia juga pernah mengemban amanah sebagai Wakil Rais Aam PBNU mendampingi KH Sahal Mahfudh. Setelah itu, ia terjun ke dunia politik dengan menjadi kader Partai Kebangkitan Bangsa.