KKB kembali berulah dengan membakar rumah warga, ada korban jiwa

KKB membakar rumah milik warga berinisial YT yang berdekatan dengan PT Modern.

Aksi pemakaran oleh KKB. Dok Polda Papua.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melalukan terror di Kampung Kimak Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papau, Selasa (5/4). Kali ini kelompok tersebut membakar rumah warga.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, dalam aksi tersebut tidak terdapat korban jiwa dari masyarakat maupun aparat keamanan. Ia mengecam aksi yang dilakukan oleh KKB.

“Mereka sebelumnya membunyikan letusan di Kompleks Pasar diduga senjata api yang berbunyi suara laras pendek sebanyak 3 kali dari arah sekitar Gereja Katolik. Kemudian mereka membakar rumah milik warga berinisial YT yang berdekatan dengan PT Modern,” kata Kamal dalam keterangan, Kamis (7/4).

Sebelumnya, KKB membakar sekolah dan menganiaya warga sipik di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (30/3). Kejadian diketahui sekitar pukul 17.50 WIT, ketika anggota melihat kepulan asap dari arah Kampung Hitadipa. 

Kamal menyampaikan, aksi tersebut dilakukan KKB pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya. "Mereka tidak hanya membakar gedung sekolah, mereka juga melakukan penganiayaan terhadap dua warga sipil. Salah satunya adalah guru di sekolah yang mereka bakar," katanya dalam keterangannya, Kamis (31/3).