KNKT bongkar penyebab kecelakaan Boeing Lion Air

KNKT baru saja merilis hasil investigasinya atas penyebab kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610.

KNKT baru saja merilis hasil investigasinya atas penyebab kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610. / Antara Foto

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) baru saja merilis hasil investigasinya atas penyebab kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610. 

Secara garis besar disimpulkan bahwa penyebab kecelakaan berasal dari beragam faktor mulai dari mesin pesawat hingga human error.

Atas hal tersebut, KNKT pun mengajukan sejumlah rekomendasi kepada Lion Air hingga Boeing agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi.

"Dari apa yang kami temukan, KNKT mengeluarkan rekomendasi di luar perbaikan yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak terkait," ujar Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dalam jumpa pers di Gedung KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (25/10).

Khusus untuk Lion Air, KNKT mengalamatkan tiga rekomendasi sekaligus, sedangkan Boeing hingga enam rekomendasi dan delapan rekomendasi untuk Federal Aviation Administration (FAA).