Komnas HAM buka peluang periksa Ferdy Sambo di tempat lain

Komnas HAM masih tunggu waktu timsus selesai periksa Ferdy Sambo.

Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo tiba di Bareskrim untuk diperiksa kasus penembakan ajudan istrinya. Alinea.id/Immanuel Christian.

Komnas HAM akan memeriksa eks Kadiv Propam Polrj Irjen Ferdy Sambo untuk dimintai keterangan terkait kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari tim khusus (timsus) Polri terkait kehadiran Irjen Ferdy Sambo.

"Ya, sampai jam ini kita masih koordinasi, kita sudah ajukan hari ini, tapi sampai jam ini Pak FS masih diperiksa intensif, dan kami belum mendapatkan kepastian mengenai jam berapa atau hari apa bisa didatangkan ke Komnas," kata Taufan kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Kamis (11/8).

Terpisah, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, pihaknya menjadwalkan pemeriksaan pada hari ini (11/8) pukul 14.00 WIB. Pemanggilan pemeriksaan tersebut dilakukan melalui koordinasi dengan timsus Polri.

"Hari ini kami jadwalkan untuk permintaan keterangan Irjen Sambo nanti siang jam 2," kata Anam.

Anam mengatakan, pihaknya berharap bisa melakukan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo di Kantor Komnas HAM. Namun, imbuhnya, Komnas HAM tetap menghormati proses hukum yang sedang dilakukan tim penyidik, sebab saat ini Irjen Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mako Brimob.