KPK belum sukses 'buru' Harun Masiku

Komisi antirasuah menolak dicap gagal dalam menangkap bekas politikus PDIP itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri. Alinea.id/Achmad Al Fiqri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum memperoleh hasil signifikan dalam "memburu" tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR, Harun Masiku. Sejak berstatus tersangka pada 9 Januari 2020 hingga Senin (3/2), belum jelas "rimbanya".

"Belum ada update yang bisa disampaikan (dalam mencari Harun Masiku)," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Juru bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, di Gedung Merah Putih, Jakarta, kemarin.

Harun satu dari empat tersangka kasus dugaan suap PAW politikus "Senayan". Tiga lainnya telah mendekam di jeruji besi per 10 Januari 2019. Sepekan berselang, namanya dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Fikri mengklaim, KPK terus berupaya mencari Harun sampai kini. Bahkan, melibatkan kepolisian. Namun, tetap 'nihil' hasilnya. Meski tiada aral gendala. "Tidak ada kendala yang berarti," ujar dia.

Dirinya pun meminta publik tak memandang sinis terhadap komisi antirasuah. Masih berproses, dalihnya. "Jadi, tidak bisa disimpulkan, ini adalah sebuah kegagalan," tuturnya.