KPK geledah KKP sejak pagi tadi

Penggeledahan berkaitan dengan kasus dugaan suap izin ekspor benur yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif, Edhy Prabowo.

Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan di DKI Jakarta, November 2018. Google Maps/Dede Diaz Abdurahman

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) di Jakarta, Jumat (27/11) pagi.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo, membenarkan penggeledahan tersebut. “Info yang saya peroleh, sedang berlangsung (penggeledahan),” ucapnya kepada wartawan, beberapa saat lalu.

Penggeledahan ini berkaitan dengan kasus dugaan suap izin ekspor benur yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif, Edhy Prabowo. Agung mengklaim, tidak mengetahui ruang kerja siapa saja yang digeledah. 

Deputi Penindakan KPK, Karyoto, sebelumnya menyatakan, pihaknya sudah menyegel beberapa ruangan yang ditarget. Komisi antirasuah pun bakal melakukan penggeledahan di beberapa lokasi.

“Mudah-mudahan besok (Jumat) akan bisa kita laksanakan penggeledahan secara menyeluruh terhadap proses-proses yang sebagaimana kita ketahui dari hasil penyidikan awal dan ruang-ruang mana yang harus perlu kita geledah,” katanya, Kamis (26/11).