KPK laksanakan Program PAKU Integritas di 10 kementerian

Kegiatan turut menyasar keluarga pejabat Kementerian ESDM.

Ilustrasi. Freepik

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan Program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kegiatan berupa pembekalan antirasuah untuk pejabat dan pasangannya itu bertempat di Gedung Merah Putih, Jakarta, pada Kamis (3/6).

Ketua KPK, Firli Bahuri, mengingatkan, penyelenggara negara harus mendasarkan pada prinsip untuk kepentingan bangsa dan negara serta menjauhi tindak pidana korupsi dalam menjalankan tugas.

“KPK melakukan upaya pencegahan yang salah satunya diimplementasikan melalui pendidikan untuk membangun integritas. Penyelenggara negara yang berintegritas tidak akan korupsi," katanya secara tertulis.

Setelah pembukaan, sesi pembekalan dilanjutkan dengan agenda terpisah bagi penyelenggara negara dan pasangannya. Para pasangan mengikuti paparan tentang pencegahan korupsi berbasis keluarga yang disampaikan Direktur Jejaring Pendidikan, Aida Ratna Zulaikha.

Sedangkan bagi pejabatnya, dilanjutkan dengan diskusi terkait upaya inisiatif strategis, capaian, tantangan dan kendala yang dihadapi dalam pemberantasan rasuah, serta upaya pembangunan sistem dan integritas di Kementerian ESDM.