KPK panen OTT, tapi publik masih belum percaya Firli cs

KPK gencar menggelar OTT menjelang akhir tahun. Dua menteri Jokowi terjaring.

Ilustrasi Gedung KPK. Alinea.id/Oky Diaz

Belum tuntas melaporkan kinerjanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), pidato Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam puncak peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia (Hakordia) mendadak terhenti. Aliran listrik ke Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (16/12), tiba-tiba terputus. 

Saat berpidato, Firli tengah memaparkan tiga pendekatan yang bakal dijalankan KPK untuk memberantas korupsi di Indonesia. Selain pencegahan dan penindakan, Firli mengatakan bakal menggencarkan pendidikan terhadap masyarakat. 

"Pendekatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman akan bahaya korupsi sehingga diharapkan masyarakat tidak ingin melakukan korupsi atau terlibat dalam perkara-perkara korupsi," ujar Firli sebagaimana disiarkan akun Youtube KPK dan akun Youtube Sekretariat Presiden. 

Selama sekitar 11 menit, acara tersebut dihentikan. Jokowi, yang memantau perayaan Hakordia dari Istana Negara, menghilang dari layar Youtube KPK. Firli terlihat kembali ke tempat duduknya dan berbincang dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, bekas bosnya di Polri dulu. 

Acara dilanjutkan setelah kendala teknis diatasi. Meskipun sempat kembali ke podium, Firli tak lagi diberi kesempatan untuk menuntaskan pidato yang telah ia susun. Pemandu acara mengumumkan acara itu dilanjutkan dengan sambutan dari Jokowi. Firli hanya mengangguk.