KPK panggil bos Lippo group James Riady pekan depan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemanggilan terhadap bos besar Lippo Group, James Riady.

Foto aerial pembangunan gedung-gedung apartemen di kawasan Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10)/Antara Foto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemanggilan terhadap bos besar Lippo Group, James Riady. Orang yang sering dijuluki sebagai taipan Sembilan Naga ini bakal diperiksa akhir Oktober 2018 sebagai saksi.

“Terkait dengan beberapa pertanyaan tentang apakah surat panggilan untuk James Riady sudah dikirimkan, setelah saya cek ke tim, benar sudah dikirimkan untuk jadwal akhir Oktober 2018 ini. Sebagai saksi,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jumat (26/10).

Sementara itu, Jumat (26/10) ini KPK mengagendakan pemanggilan terhadap tiga orang saksi dari unsur pemerintah untuk tersangka Direktur Operasional Lippo Group, Billy Sindoro. Ketiganya, yakni Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi Zaki Zakaria, Kepala Bidang Penanaman Modal dan Perizinan Penanaman Modal Muhammad Said, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Eddy Iskandar Muda. Selain itu, KPK juga memeriksa sopir Kepala Dinas PMPTSP, Undang.

Dari para saksi, KPK masih merasa perlu untuk mendalami skema perizinan proyek pembangunan Meikarta

“Yang bersangkutan bakal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS (Billy Sindoro),” ujar Febri.