Kurangi pemudik bermotor, Kemenhub siapkan 1.200 bus gratis

Kemenhub akan menyediakan sekitar 1.200 armada bus gratis untuk mengangkut pemudik yang akan pulang kampung pada Lebaran 2019.

Kemenhub akan menyediakan sekitar 1.200 armada bus gratis untuk mengangkut pemudik yang akan pulang kampung pada Lebaran 2019. (Antara Foto)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyediakan sekitar 1.200 armada bus gratis untuk mengangkut pemudik yang akan pulang kampung pada Lebaran 2019. Jumlah bus itu meningkat dibanding dengan tahun lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, mengatakan hal itu dilakukan untuk meminimalkan pemudik yang memakai kendaraan roda dua atau kendaraan pribadi.

"Bus yang kita siapkan untuk mudik gratis tahun ini sudah cukup banyak, kalau tahun lalu ada 1.136 bus, tahun ini lebih dari 1.200 bus," kata Budi di Jakarta, Selasa (26/2).

Sementara itu, Budi mengatakan pemerintah juga sudah mengecek infrastruktur pendukung arus mudik dan balik Lebaran 2019. Dia menyebut jalan tol layang Jakarta-Cikampek sudah dapat digunakan untuk arus mudik Lebaran 2019. Namun, rencananya baru beroperasi secara fungsional.

Kendati demikian, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Jasa Marga Tbk terkait operasional tol layang Jakarta-Cikampek itu.