Lagi, KKB tembak warga sipil di Intan Jaya Papua

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) juga kerap mengintimidasi pejabat pemda dan PNS untuk mendapatkan uang dan makanan.

Ilustrasi. Pixabay

Warga Kampung Bilorai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua, Ramli (32), menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Senin (8/2) sore. Pendatang asal Makassar, Sulawesi Selatan, ini tertembak tepat di wajah saat menjaga warungnya.

Menurut istri korban, Musdalifah (26), Ramli ditembak pelaku dari jarak sekitar 2 meter menggunakan pistol. "Awalnya seperti orang yang hendak membeli. Tembakannya tepat mengenai pipi suami saya serta tembus ke bahu. Dan setelah melakukan aksinya, pelaku langsung melarikan diri,” ujarnya, Selasa (9/2).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal, membenarkan insiden tersebut. Namun, korban berhasil selamat dan kini kondisinya sudah stabil.

"Direncanakan hari ini, korban akan dievakuasi menggunakan pesawat dari Bandara Bilorai menuju Rumah Sakit (RS) di Timika guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut,” jelasnya.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, menambahkan, pelaku berkaitan erat dengan KKB di Distrik Sugapa. “Nanti akan didalami oleh rekan Polri untuk proses selanjutnya."