Lebih dari 500 tenaga kesehatan surati Jokowi

Tenaga kesehatan resah bila penyebaran Covid-19 berbarengan dengan karhutla.

Petugas berjibaku padamkan api karhutla di Riau tahun lalu/Foto Antara.

Lebih dari 500 tenaga kesehatan profesional Indonesia mengajukan surat terbuka ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada, Kamis 24 Septerber 2020.

Surat tersebut dibacakan oleh dr. Arif Wicaksono, M.Biomed yang juga dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, dalam Webinar bertajuk “Cegah Deforestasi untuk Indonesia yang Lebih Sehat”.

“Saya sangat berterima kasih kepada rekan-rekan sejawat yang sudah meluangkan waktu untuk mendukung dengan menandatangani surat terbuka ini di tengah padat dan sibuknya mereka dalam berjuang menghadapi badai pandemi Covid-19. Persoalan kesehatan masyarakat harus diselesaikan dari hulu ke hilir. Pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta deforestasi secara umum adalah upaya terintegrasi menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia dan dunia,” ujar drg. Monica Nirmala, Senior Public Health Advisor Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI), Kamis (24/9).

Dia mengingatkan, jangan sampai di situasi Covid-19 yang sudah rumit seperti saat ini membuat kesehatan masyarakat semakin terbebani dengan bencana asap karhutla.

"Saat ini boleh dikatakan kita beruntung karena musim kemarau tidak sekering dan selama biasanya. Ke depannya, mari kita terus jaga hutan kita, demi Indonesia yang lebih sehat," bebernya.