Lonjakan penumpang terjadi di Pulogebang

Penumpang tahun ini melonjak hingga dua kali lipat, hingga nanti di puncak arus mudik pada H-3.

Ilustrasi Terminal Pulogebang./ bus-truck.id

Keberangkatan para pemudik melalui transportasi darat dipantau dari Terminal Bus Terpadu Pulogebang mengalami kenaikan dua kali lipat sejak tahun lalu. Hal itu sudah dimulai sejak Jumat lalu sampai dengan Sabtu (9/6) sore.

Dari data yang diberikan pihak terminal, sejak pukul 00.00-15.00, sudah 150 bus yang diberangkatkan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2881 penumpang tercatat berangkat melalui Terminal Pulogebang. Dari sekian keberangkatan, bus tujuan Purwokerto dan Pekalongan mendominasi dalam gelombang mudik kali ini.

“Kalau dari kemarin, keberangkatan sampai siang ini mah sudah bisa dikatakan sepertiganya,” kata Kepala Terminal Pulogebang Ismanto saat ditemui Alinea (9/6).

Ismanto menambahkan, dari informasi berbagai PO di Pulogebang, tiket keberangkatan sampai dengan Minggu esok (10/6) sudah habis terjual. Padahal pihak terminal memprediksi puncak kepadatan di Pulogebang akan terjadi pada H-3 mendatang.

Soal ini, diakui Ismanto, ketersediaan pembelian tiket secara elektronik memang sengaja dihentikan sementara. Hal itu dikarenakan PO bus yang sudah terdaftar dalam aplikasi belum meng-upgrade harga, sesuai dengan kenaikan yang masing-masing PO tetapkan.