Luhut akui masalah pertanahan isu terpenting di IKN Nusantara

Luhut Pandjaitan ke IKN Nusantara untuk melihat kemajuan pembangunan ibu kota baru pengganti Jakarta tersebut.

Ilustrasi. Foto Alinea

Pemerintah mengakui masalah pertanahan menjadi bagian isu terpenting di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Masalah itu harus segera diselesaikan untuk memberikan kepastian kepada investor yang menginvestasikan dananya di IKN Nusantara.

Kepala Satuan Tugas Khusus (Satgasus) untuk Mempercepat Realisasi Investasi di IKN Nusantara, Luhut Binsar Pandjaitan, memastikan pihaknya akan mengoordinasikan lintas kementerian/lembaga. Sesuai peran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang dikomandani Luhut. 

"Kami akan mengecek kemajuan lapangan secara berkala," kata Luhut dalam keterangan resmi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di Jakarta, Jumat (19/5). Pada 15 Mei lalu, Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut sebagai Ketua Satgassus. Tugas baru ini melengkapi seabrek jabatan yang diamanahkan Jokowi ke Luhut Pandjaitan.

Luhut telah meninjau progres pembangunan IKN, didampingi Kepala OIKN Bambang Susantono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahana Rakyat Diana Kusumastuti, Rabu (17/5) lalu. Luhut menekankan penyelesaian masalah tanah di IKN, termasuk harga tanah, akan ditetapkan melalui appraisal.

Bambang Susantono menjelaskan bahwa Luhut Pandjaitan ke IKN Nusantara untuk melihat kemajuan pembangunan ibu kota baru pengganti Jakarta tersebut. Juga membahas peluang-peluang investasi yang dapat segera direalisasikan di IKN.