Mahfud MD: Pejabat BPIP tak bisa kembalikan gaji

Mahfud MD menyatakan tidak ada mekanisme pengembalian gaji.

Mahfud MD dalam konferensi pers

Polemik besarnya hak keuangan yang diterima oleh Megawati Soekarnoputri dan kolega di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), ditanggapi santai oleh Mahfud MD. Anggota Dewan Pengarah BPIP itu dengan enteng menolak permintaan agar para pejabat BPIP mengembalikan gajinya.

"Di mana coba, apa ada pejabat yang menolak gaji, mengembalikan gaji, nggak ada," kata Mahfud dalam konferensi pers "Meluruskan Polemik Mengenai Gaji Pejabat BPIP" di Kantor BPIP, Jakarta, Kamis (31/5).

Menurutnya, tak ada mekanisme pengembalian gaji yang dapat ditempuh. Karenanya dia mempertanyakan pejabat mana yang pernah mengembalikan gaji yang diperuntukkannya.

"Taruhlah pak Hidayat Nurwahid yang dianggap paling bersih, pernah kembalikan gaji enggak? Amien Rais, pernah mengembalikan gaji enggak? Siapa coba? Enggak ada. Karena enggak ada mekanisme pengembalian gaji itu," kata mantan Ketua MK tersebut.

Mahfud menanggapi komentar politikus Gerindra Riza Patria yang meminta para pejabat BPIP mengembalikan gaji yang didapatnya. Ia pun mempertanyakan apakah politisi Gerindra yang duduk sebagai pimpinan di DPR mengembalikan gaji yang diterimanya.