MAKI serahkan foto surat jalan Djoko Tjandra ke DPR

Boyamin menjelaskan, dalam surat menerangkan Djoko merupakan seorang konsultan yang diterbitkan instansi negara.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menunjukkan dua Iphone 11 untuk informan keberadaan DPO KPK Harun Masiku dan Nurhadi di Gedung KPK, Jumat (21/2/2020). Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) hari ini, Selasa (14/7) siang akan datangi Gedung DPR RI. Kedatangannya, akan menyerahkan surat jalan buronan kasus pengalihan hak tagih Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra, dari salah intasi kredibel.

"Siang nanti, sekitar pukul 13.00 WIB di Gedung DPR. Kami akan menyerahkan foto surat jalan Djoko Tjandra kepada Komisi III DPR RI," tutur Koordinator MAKI Boyamin Saiman, dalam keterangannya, Selasa (14/7).

Surat itu, kata Boyamin, menerangkan Djoko merupakan seorang konsultan dan diterbitkan sebuah instansi negara. Karena surat itu, Djoko leluasa untuk bepergian menggunakan pesawat terbang dari Jakarta ke Pontianak.

"Foto surat akan diserahkan dalam kondisi amplop tertutup dengan harapan akan dibuka oleh Komisi III DPR, pada saat Rapat Kerja Gabungan dengan Kemenkumham, Polri, dan Kejaksaan yang direncanakan dalam waktu minggu ini atau minggu depan," terangnya.

Menurut dia, penyerahan barang bukti foto merupakan dukungan kepada DPR RI yang menaruh fokus terhadap kasus sengkarut Djoko Tjandra, dalam rapat kerja Komisi III dengan Kemenkumham dan Dirjen Imigrasi.