Manfaat serat pangan inulin untuk anak saat berpuasa

Secara alami, serat pangan inulin dapat ditemukan pada berbagai buah-buahan, sayuran, umbi-umbian.

Ilustrasi. Freepik

Meskipun Ramadan tahun ini masih dilaksanakan di tengah kondisi pandemi Covid-19, kondisi ini tidak menyurutkan umat Islam beribadah, sambil mengajak dan mengajarkan manfaat berpuasa pada anak-anak. Namun beberapa orang tua memiliki kekhawatiran akan menurunnya daya tahan tubuh anak selama berpuasa dan tidak mampu melawan kuman dan virus penyakit.

Head of Medical KALBE Nutritionals Muliaman Mansyur menjelaskan, orang tua tidak perlu takut daya tahan tubuh anak menurun saat berpuasa, selama anak dipastikan mendapatkan asupan nutrisi yang memadai saat sahur dan berbuka puasa.

"Kunci utama menjaga anak tetap bugar dan daya tahan tubuhnya tetap kuat adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Saat puasa di tengah pandemi Covid-19, orang tua bisa menerapkan pola makan dengan gizi seimbang dan cukup cairan pada anak saat sahur dan berbuka puasa," papar Muliaman dalam keterangan tertulisnya.

Terkait daya tahan tubuh anak, riset menunjukkan bahwa orang tua saat ini memang sudah semakin menyadari efek positif nutrisi pada kesehatan dan daya tahan tubuh anak mereka, termasuk kesadaran akan pentingnya asupan nutrisi yang sehat.

Survei daring Morinaga Chil*Go! di akhir Februari 2021 menunjukkan hampir 85% ibu di Indonesia menjadikan asupan nutrisi menjadi prioritas mereka selama pandemi Covid-19, dan bahkan lebih dari 86% mengaku sangat ketat memastikan asupan makanan bergizi seimbang untuk anak setiap hari.