Masih ada celah WNA di bandara, Kapolri: Lakukan cek ulang PCR

Kapolri minta keamanan dan pengawasan di Bandara Soetta diperketat.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan arahan saat meninjau situasi dan kondisi H-1 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Rabu (12/5/2021)/Foto Divisi Humas Polri via antara

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar pengamanan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) diperketat terhadap kedatangan penumpang dari luar negeri maupun dalam negeri ke Jakarta. 

Sigit mengakui masih adanya celah warga negara asing (WNA) dan masyarakat Indonesia yang masuk ke Jakarta dan berpotensi membawa virus Covid-19. 

"Khusus dari luar negeri, saya lihat masih ada satu celah yang rekan-rekan harus perkuat saat datang. Saya minta lakukan pengecekan ulang PCR, setelah dicek thermo gun bila suhu tidak normal langsung lakukan tindaklanjuti," ujarnya usai meninjau langsung pengamanan di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Rabu (12/5).

Sigit mengungkapkan, untuk masyarakat kedatangan luar kota pun perlu antisipasi. Pasalnya, belakangan data penambahan positif Covid-19 di daerah itu meningkat tinggi.

"Di Sumatra naik. Mau tidak mau rekan-rekan di lintas masuk seperti di sini betul-betul melakukan pengawasan protokol kesehatan," katanya.