Massa bertahan lawan aparat pakai batu dan petasan

Massa sempat dipukul mundur sekitar pukul 03.50 WIB. Namun, kemudian melakukan perlawan dengan menyerang menggunakan petasan besar.

Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta. Antara Foto

Sekelompok massa masih bertahan di sekitar Tanah Abang untuk melakukan perlawanan kepada pasukan antihuru-hara gabungan TNI dan Polri pada Rabu, (22/5) pagi. Massa yang bertahan di seberang underpass Tanah Abang, Jalan Pasar Blok A dan Jalan Pasar Blok E terus melempari aparat pakai batu. Juga petasan yang diarahkan kepada petugas gabungan.

Massa tersebut sempat dipukul mundur sekitar pukul 03.50 WIB. Namun, massa kemudian melakukan perlawan dengan menyerang menggunakan petasan kembang api besar. Mereka pun membuat barikade di atas underpass Tanah Abang untuk bertahan.

Alih-alih terus merangsek masuk untuk menghalau massa, aparat gabungan TNI dan Polri justru berinisiatif mundur sekitar pukul 04.00 WIB.

“Bisa dengar saya, rekan-rekan mari kita mundur dengan rapi menuju Bawaslu untuk beristirahat. Tameng semuanya hadapkan ke depan dan jangan tinggalkan seorang pun di belakang. Mereka adalah saudara kita,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Harry Kurniawan, melalui mobil komando.

Menanggapi instruksi itu, akhirnya pasukan gabungan mundur seluruhnya meninggalkan lokasi Tanah Abang, tempat berkumpulnya massa untuk bertahan. Pasukan gabungan kemudian dipersilakan untuk istirahat di sekitar Gedung Bawaslu.