Menaker janji memberi perhatian lebih pembangunan BLK di Manokwari Selatan

Para calon pekerja di Papua Barat perlu diakselerasi dengan cara memperkuat keberadaan BLK.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah. foto IST

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa ia akan mendukung dan memberikan perhatian lebih terkait dengan rencana Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) yang berlokasi di Manokwari Selatan.

Dilansir dari situs resmi milik Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, menurut Ida, Para calon pekerja di Papua Barat perlu diakselerasi dengan cara memperkuat keberadaan BLK.

"Saya kira untuk kebutuhan peningkatan kompetensi pekerja, atau calon pekerja di Papua Barat, perlu diakselerasi dengan cara memperkuat BLK. Kita punya BLK UPTP di Sorong dan kita sangat mendukung BLK UPTD yang dikelola Pemprov Papua Barat," ucap Ida Fauziyah kepada para awak media di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (14/10) malam.

Menaker Ida merasa yakin dengan adanya sinergitas yang terjalin antara Pemerintah Pusat melalui BLK Sorong dan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam membuat BLK berstandar nasional, bahkan Internasional, akan dapat mempercepat ataupun mengakselerasi peningkatan kompetensi masyarakat di Papua Barat.

"Kalau tahun depan sudah dibangun, kita akan support dengan bantuan peralatan, bantu siapkan kapasitas instruktur dengan BLK dari seluruh Indonesia, tergantung jurusan yang akan di bangun di BLK sini. Prinsipnya, kami sangat support mulai dari peralatan hingga meningkatkan kompetensi instrukturnya," imbuhnya.