Mendag Enggartiasto Lukita diperiksa KPK hari ini

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dijadwalkan pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (2/7).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dijadwalkan pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (2/7). / Antara Foto

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dijadwalkan pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (2/7). 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengingatkan agar politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu dapat hadir dalam pemeriksaan tersebut. 

"Jadi sampai saat ini belum ada informasi yang saya terima terkait dengan misalnya tidak hadir dalam pemeriksaan atau hal-hal yang sejenis. Jadi masih terjadwal di periksa besok," kata dia di gedung Merah Putih KPK, Senin (1/7).

Lebih lanjut, Febri belum dapat menjelaskan lebih lanjut ihwal pokok materi yang akan digali tim penyidik KPK terhadap Enggar. Namun demikian, mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) itu memberi sinyal bahwa konteks pemeriksaan Menteri Enggar terkait dengan penggeledahan yang dilakukan di kantor dan di kediaman Enggar.

Diketahui, tim penyidik KPK telah melakukan penggeledahan ruangan Menteri Enggar di Kementerian Perdagangan, pada Senin (29/4). Dalam penggeledahan tersebut KPK berhasil mengamankan sejumlah dokumen terkait dengan perturan gula kristal rafinasi.