Menkes: Vaksin Moderna untuk rakyat dan booster nakes

Menkes mengungkapkan, vaksin Moderna memiliki tingkat efikasi tinggi dan terbukti ampuh menekan laju penularan Covid-19 di AS.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Dokumentasi Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan vaksin Moderna buatan Amerika Serikat (AS) untuk rakyat Indonesia dan booster (penguat) untuk tenaga kesehatan (nakes).

Vaksin Covid-19 produksi Moderna dari AS tiba di Tanah Air sebanyak 3,06 juta dosis hari ini, Minggu (11/07). "Rencananya vaksin ini, selain kami gunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus akan kami gunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia," kata Budi dikutip dari laman setkab.go.id, Minggu (11/7). 

"Karena nakes mengalami tekanan yang luar biasa terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal," tambah dia.

Menkes mengungkapkan, vaksin Moderna memiliki tingkat efikasi yang tinggi dan terbukti cukup ampuh dalam menekan laju penularan Covid di AS. Dia berharap, vaksin ini dapat memberikan perlindungan pada para nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi di Indonesia.

"Datangnya vaksin Moderna yang merupakan bantuan dari rakyat dan pemerintah AS yang memang terbukti secara teknis memiliki efikasi yang tinggi, memiliki kemampuan perlindungan yang tinggi, akan sangat membantu para nakes untuk menghadapi gelombang kedua dari pandemi," ujarnya.