Menko Luhut umumkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung resmi beroperasi Agustus 2023

Pemasangan rel KCJB sepanjang 304 kilometer (km) juga telah dinyatakan rampung dari Tegalluar hingga Halim Perdanakusuma.

Menko Luhut umumkan Kereta Cepat Jakarta Bandung resmi beroperasi Agustus 2023. Foto SC alinea.id'

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) resmi akan mulai beroperasi pada Agustus 2023. Pernyataan ini diumumkan usai dirinya melakukan kunjungan ke Tiongkok membahas sejumlah kesepakatan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok.

"Dalam kunjungan kemarin ada beberapa hal yang disepakati dan perlu ditindaklanjuti antara kedua negara, pertama adalah Kereta Api Cepat Jakarta Bandung yang diharapkan akan beroperasional pada Agustus 2023 sebagai HUT RI ke 78," ujar Luhut dalam konferensi pers di kantor Kemenkomarves, Senin (10/4).

Luhut menyampaikan, Indonesia berharap agar saat peresmian operasional KCJB nanti, pemerintah atau petinggi Tiongkok ikut hadir menyaksikan, sehingga bisa menghilangkan keraguan masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, mengenai pemasangan rel KCJB sepanjang 304 kilometer (km) juga telah dinyatakan rampung dari Tegalluar hingga Halim Perdanakusuma. Sehingga uji coba KCJB paling lambat akan dilaksanakan pada akhir Mei 2023.

Kemudian berkaitan dengan pembengkakan biaya atau cost of run, Luhut bilang bahea kedua negara telah sepakat di angka US$1,2 miliar.