Menko PMK imbau pemudik siapkan diri sebaik-baiknya

"Namanya gembira, sukacita, ketemu dengan keluarga itu setelah semuanya berjalan aman dan selamat."

Menko PMK, Muhadjir Effendy, mengimbau pemudik agar menyiapkan diri sebaik-baiknya sebelum memulai perjalanan. Dokumentasi Kemenko PMK

Jumlah pemudik pada Lebaran 1444 H/2023 M diprediksi mencapai 123,8 juta orang. Angka tersebut naik 47% apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, pun mengimbau masyarakat yang mudik, terutama yang membawa kendaraan pribadi. menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Disarankan membawa pengemudi cadangan guna meminimalisasi kecelakaan.

"Para pengendara yang mudik harap menyiapkan diri sebaik-baiknya, terutama yang akan berkendara dalam jarak jauh, karena fakta sudah menunjukkan bahwa semakim jauh mudiknya, potensi kecelakannya tinggi," katanya saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (18/4).

"Semakin jauh, semakin tinggi potensi kecelakaannya. Sebaiknya yang berkendara jauh membawa driver reserve, cadangan sehingga bisa bergantian di perjalanan. Jangan memaksakan diri dalam keadaan lelah," sambungnya.

Berdasarkan data kepolisian, kecelakaan tertingi pada mudik Lebaran 2022 terjadi di wilayah Jawa Timur (Jatim), lalu Jateng, dan Jawa Barat (Jabar). Hal ini diindikasi akibat kelelahan yang dialami pengemudi karena menempuh jarak yang jauh.