Menko PMK akan bahas pemangkasan layanan BPJS Kesehatan

Pemerintah akan mencari solusi yang tidak menyusahkan masyarakat terkait BPJS Kesehatan.

Puan Maharani akan berkoordinasi dengan pejabat terkait untuk membahas pemangkasan layanan BPJS. (Ayu Mumpuni/Alinea)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menyebut akan mengumpulkan Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, dan beberapa pejabat kementerian lain, untuk melakukan koordinasi atas pemangkasan layanan BPJS Kesehatan. Pemangkasan layanan BPJS Kesehatan ini, diatur dalam tiga peraturan yang baru dikeluarkan. 

Aturan tersebut terkait penjaminan pelayanan katarak, pelayanan persalinan dengan bayi baru lahir sehat dan pelayanan rehabilitasi medik.

“Jadi dalam minggu ini saya akan melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada,” ujar Puan di Galeri Nasional, Jumat (3/8).

Menurutnya, koordinasi tersebut dilakukan untuk menyamakan visi dan misi, untuk mencari jalan keluar permasalahan tersebut. Ia meyakini setelah dilakukan koordinasi, akan ada solusi yang tepat dan baik bagi masyarakat.

Lebih lanjut Puan menegaskan, upaya pemerintah terus dilakukan, dan keputusan yang akan diambil nanti tidak akan menyulitkan masyarakat. Diakuinya berbagai masukan telah didapat, untuk mencari keputusan berdasarkan kesepakatan pihak-pihak terkait.