Menpan-RB klaim sejumlah ASN usul minta pindah ke IKN

Ada sejumlah surat dari ASN yang mengusulkan diri masuk dalam skenario dipindahkan ke IKN Nusantara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Foto dokumentasi Kemenpan RB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengklaim sampai saat ini belum menemukan aparatur sipil negara atau ASN yang menolak rencana dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Malahan, klaim Anas, ia menerima sejumlah surat dari ASN yang mengusulkan diri masuk dalam skenario dipindahkan ke IKN Nusantara. Anas tidak menyebutkan berapa banyak ASN yang ingin pindah sesuai keinginan itu.

"Artinya banyak anak muda talenta digital yang ingin menikmati atmosfer baru digital service dan sistem pemerintahan berbasis digital dan lingkungan nyaman," ujar Anas kepada awak media selepas bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/6).

Kepada Presiden, Anas melaporkan kesiapan pemindahan ASN ke IKN Nusantara. Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, pihaknya sudah selesai melakukan simulasi. Juga telah mengunjungi lokasi IKN untuk persiapan pemindahan ASN. 

Simulasi, klaim Anas, dilakukan secara rinci mengenai ASN mana saja yang pindah setelah tempat yang disediakan sudah siap. Bahkan, kata dia, di kementerian/lembaga eselon berapa dan siapa yang akan pindah sudah disimulasikan.