Menpora minta PSSI dan LIB usut tragedi kericuhan Stadion Kanjuruhan

Ditambahkan Zainudin, pihaknya berharap hal ini dapat menjadi pelajaran agar ke depannya tragedi serupa tidak terulang kembali.

Korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang. Foto Twitter

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan akan berkoordinasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Liga Indonesia Baru (PT. LIB) terkait tragedi kericuhan di Stadion Kanjuruhan.

Dilaporkan, sebanyak 129 orang tewas dalam kerusuhan yang terjadi dalam proses pertandingan antara Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam.

"Saya akan komunikasi dengan PSSI dan LIB, apa langkah selanjutnya yang mereka lakukan. Apakah diteruskan tanpa penonton atau apa hal-hal lain yang menjadi pertimbangan PSSI," kata Zainudin dalam keterangan yang diterima wartawan, Minggu (2/10).

Selain itu, Zainudin juga menyampaikan duka cita yang mendalam bagi para korban. Ia turut prihatin dan menyesalkan kejadian tersebut.

Dalam laga tersebut, Arema FC menelan kekalahan dari Persebaya di lanjutan Liga 1 2022-2023. Penonton yang merupakan pendukung Arema kecewa karena tim kesayangan mereka kalah 2-3.