Menteri Susi ingatkan bahaya penggunaan plastik sekali pakai

Sekitar lima ratus kilogram plastik beredar di Jakarta setiap hari.

Pengunjung berfoto di salah belakang sebuah truk bergambar materi kampanye Pawai Bebas Plastik di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Ahad (21/7). Alinea.id/Robertus Rony Setiawan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ikut tampil menyemarakkan gelaran Pawai Bebas Plastik di Taman Aspirasi, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Ahad (21/7). 

Tak hanya memberikan sambutan, Susi turut menghibur pengunjung yang hadir dengan menyanyikan sejumlah lagi bersama personel band Slank dan Navicula. 

"Mulai hari ini kita biasakan tidak lagi pakai plastik sekali pakai. Jangan buang sampah sembarangan," kata Susi di hadapan ribuan peserta pawai. 

Menurut Susi, limbah dari plastik sekali pakai kerap mencemari lingkungan dan ikut merusak ekosistem laut. "Kalau masih ada yang pakai plastik sekali pakai, kita tenggelamkan,” kata Susi. 

Pawai Bebas Plastik disokong sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan diikuti sekitar 1.500 peserta. Aksi dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan mendorong instalasi 'monster plastik' yang dibentuk menyerupai lantern fish.