Menteri Tjahjo Kumolo: ASN harus loyal terhadap pemerintah

Tjahjo Kumolo mengingatkan kejaksaan agar terus sejalan dengan visi dan misi presiden.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Tjahjo Kumolo. Foto tangkapan layar Youtube Kementerian PANRB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengingatkan kejaksaan agar terus sejalan dengan visi dan misi presiden. Salah satunya melalui perencanaan dan pembangunan.

Hal itu disampaikan Tjahjo di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kejaksaan Tahun 2022 yang digelar di Solo, Jawa Tengah.  

Tjahjo mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) harus dapat sejalan dan loyal terhadap pimpinan dan pemerintah tanpa melihat latar belakang politik maupun unsur lainnya, serta bijak dalam menggunakan media sosial. Apalagi perencanaan dan pembangunan itu menjadi agenda musrenbang tahun ini.

“Kejaksaan sebagai lembaga yang menjadi tumpuan harapan pemerintah dan masyarakat. Kejaksaan harus menempatkan sumber daya manusia (SDM) yang berakhlak, profesional, cepat melayani pengaduan dan menangani proses penegakan hukum,” kata Tjahjo dalam keterangannya, Sabtu (28/5).

Sementara, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang Kejaksaan yang dilakukan di Solo. Terlebih acara ini baru pertama kali dilaksanakan oleh kejaksaan.