Menyerah! Buruh akan kibarkan bendera putih 5 Agustus 2021

Sekitar 10-100 buruh akan berunjuk rasa di depan halaman pabrik masing-masing.

Ilustrasi. Foto Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi unjuk rasa dengan mengibarkan bendera putih. Aksi ini memberi tahu para buruh menyerah menghadapi hantaman pandemi Covid-19

Sekitar 10-100 buruh akan berunjuk rasa di depan halaman pabrik masing-masing. Jumlah perwakilan buruh yang berunjuk rasa tergantung dispensasi dari perusahaan. 

Jadi, perwakilan buruh dari jejaring KSPI akan berunjuk rasa di depan 1.000 pabrik pada Kamis (5/8) pukul 10.00-12.00 WIB. Jika tidak diizinkan perusahaan di pagi hari, maka buruh bekerja shift dua yang berunjuk rasa.

"10% buruh terpapar Covid-19 di pabrik masing-masing. Angka yang meninggal sudah ratusan orang. Fakta-fakta itulah yang akhirnya membuat KSPI mengambil sikap untuk menyuarakan aksi sebagaimana disampaikan oleh pemerintah," ujar Presiden KSPI Said Iqbal dalam konferensi pers virtual, Rabu (28/7).

Dalam aksi tersebut, perwakilan buruh akan mengibarkan bendera putih dan membentangkan spanduk berisi tiga tuntutan. Pertama, pemerintah dituntut menyelamatkan nyawa buruh dengan mencegah penularan Covid-19.