Mewujudkan persaingan sehat usai TikTok Shop tutup

Pada 4 Oktober 2023 TikTok mengumumkan secara resmi platform TikTok Shop tutup.

Ilustrasi TikTok Shop. Alinea.id/Firgie Saputra

Sudah hampir dua tahun Luthfita Nanda Setiany, 21 tahun, belanja di TikTok Shop. Sekali belanja, ia bisa menghabiskan Rp200.000 hingga Rp300.000. Karyawan di sebuah mal di Tangerang, Banten itu menyebut, berbelanja di TikTok Shop praktis dan bisa dilakukan di sela-sela kesibukannya bekerja.

“Aku bisa nonton live-nya dahulu, seperti apa dan bagaimana produknya. Nanti, kalau produknya oke, aku tinggal check out saja dari handphone, sudah deh tinggal dikirim,” tutur Luthfita kepada Alinea.id, Selasa (3/10).

Sedangkan jika berbelanja ke toko offline, Luthfita bilang, membutuhkan tenaga dan waktu. Sementara Nabila Eno Khoirunnisa, 19 tahun, baru awal 2023 mulai berbelanja di TikTok Shop.

“Beli celana jin, lipstik, liptint, dan casing handphone,” ujar mahasiswi tersebut, Selasa (3/10).

Alasan membeli barang di TikTok Shop, menurut Nabila, harganya murah karena biasanya ada voucher promosi dan diskon. Ia pernah membeli celana jin seharga Rp75.000 dan lipstik Rp20.000.