Moeldoko sebut ada penyusup

Kelompok penyusup tersebut melakukan aksinya bukan dalam konteks pemilu.

Ban dibakar di jalan Cideng Barat, kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5)./Antara Foto

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengimbau warga untuk tidak terlebih dahulu mendekat daerah Sudirman. Pasalnya, kawasan tersebut menjadi pusat berkumpulnya massa aksi pada hari ini.

"Di luar itu, silakan aktivitas seperti biasa saja," ucap dia kepada wartawan saat disiarkan secara langsung oleh televisi, Rabu (22/5).

Dia mengaku pemerintah tidak melarang bagi siapa pun untuk menyampaikan aspirasinya. Pemerintah hanya khawatir ada kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi tersebut. Terbukti pada bentrokan yang terjadi, malam tadi.

Kelompok penyusup tersebut melakukan aksinya bukan dalam konteks pemilu. Sebab pesta demokrasi berakhir di MK, bukan di jalanan. Pihak 02 juga telah menyatakan akan mengajukan gugatan pilpres ke MK.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Sisriadi memastikan sebanyak 32.000 aparat militer disiapkan untuk menjamin keamanan di Ibu Kota. Bahkan, 12.000 di antaranya saat ini sudah berada di lapangan guna membantu Polri menjaga sejumlah lokasi strategis.